Home / Taqrib / Dialog Sunni Syiah bertujuan untuk apa?

Dialog Sunni Syiah bertujuan untuk apa?

Dalam perkembangan zaman belakangan ini, Dialog Sunni Syiah merupakan perbincangan yang cukup laris ditengah masyarakat muslim Indonesia maupun masyarakat dunia Islam. Topik “Dialog Sunni Syiah” begitu hangat baik dari tanggapan mereka yang menyepakatinya atau menolaknya.

Tujuan dialog antar mazhab sunni dan syiah ini sebenarna dilatarbelakangi oleh terjadinya berbagai macam konflik sunni-syiah yang terjadi pada Ummat Islam baik dizaman lampau maupun dizaman modern sekarang ini.

Terjadi beberapa pandangan dari Ummat Islam yang Pro-Persatuan dan yang Anti-Persatuan. Di Oman, Jordania contohnya, kerajaan yang notabene masih dalam kawasan semenanjung atau jazirah arab itu mengadakan seminar atau konferensi Internasional Ulama Islam se-Dunia yang bertema “Persatuan Ummat Islam, dialog antar mazhab-mazhab Islam menuju Ukhuwwah Islamiyyah”.

Dihadiri puluhan Ulama baik dari Sunni, Syiah maupun mazhab lainya. Mereka mendiskusikan apa yang selama ini menjadi perbedaan pokok dalam hal akidah, fiqih dll.

Konferensi Oman ini, menelorkan sebuah kesepakatan bahwasanya perlu saling menghormati antar warga penganut mazhab-mazhab Islam yang berbeda. Dengan sikap saling menghormati, menghargai tersebut niscaya akan terbentuklah masyarakat Islam yang mencintai persatuan atau Ukhuwwah Islamiyyah.

Begitu pula di Indonesia akan sangat berarti untuk terlaksanakanya “dialog sunni syiah”, karena belakangan ini konflik sunni syiah mulai membara dan memprihatinkan apabila hal ini di biarkan begitu saja. Pada dasarnya mazhab sunni dan syiah mempunyai dasar sendiri-sendiri dalam berbagai bidang pijakan Akidah, Fiqih dll. Yang berarti bahwa kedua mazhab ini sebenarnya hanya mempunyai perbedaan cara pandang, dan sama-sama masih masuk dalam kategori bagian dari Islam. (sipencariilmu)

Check Also

Cinta Tanah Air, Spiritualitas Membela Negara

Bela Negara Secara Umum Dalam konteks filosofi cinta adalah sebuah aksi atau kegiatan aktif yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *