Home / Kisah / Arbain, Ziarah Terbesar Di Dunia

Arbain, Ziarah Terbesar Di Dunia

Gerakan Long March Internasional Arbain Huseini menegaskan kepada kita bahwa Yazidisme, Harmalahisme dan Syimr-isme telah kalah.
Imam Zainal Abidin as ketika pulang ke kota Madinah ditanya tentang siapa yang memenangkan peperangan, beliau menjawab,

“Jika engkau mendengar Adzan dan berkumandang, ‘Asyhadu anna Muhammadan Rasulullah’ maka ketahuilah! Kami yang menang.”

Karena darah Al-Husein as yang tertumpah adalah untuk menyiram agama kakeknya agar tetap hidup, subur dan tumbuh menjulang kelangit.

Disinilah falsafah kenapa ziarah al-Husein as selalu hadir disetiap peringatan-peringatan keislaman. Ziarah di pertengahan Rajab, Syaban, malam eidul fitri dan moment-moment keislaman lainnya tidak lain agar bara huseini tetap terjaga hingga munculnya Imam Zaman as.

Long March Arbain Huseini tidak lain adalah pesan kepada setiap Yazidisme bahwa darah al-Husein as yang tertumpah di Karbala tetap hidup subur mengalir disetiap nadi-nadi pecintanya. Untuk itu long march Arbain termasuk syiar akbar dan sebaik-baiknya ibadah.

Imam Shadiq as ditanya terkait Ziarah Imam Husein as dan beliau as, ” Sesungguhnya Ziarah Al- Husein as adalah seutama-utamanya amal perbuatan.”

Tidak segan Imam Ahlul Bayt as mengatakan bahwa salah satu barometer keimanan seseorang adalah berziarah Arbain kepada Abu Abdillah, Al-Husein as.

Segala sesuatu yang memperkuat, mengagungkan dan menghidupkan Syiar-syiar Allah swt hukumnya wajib dan Arbain Huseini adalah salah satu dari pengagungan syiar ilahi.

Untuk itu Marja dan ulama menegaskan bahwa setiap pecinta yang memiliki kemampuan hendaknya hadir dalam acara tahunan arbain huseini. Karena kedatangan dari setiap diri kita akan memperkuat syiar-syiar Allah swt.

يظنون ان يزيد قتل الحسين بل قتل الحسين يزيد

“Mereka mengira bahwa Yazid telah membunuh Al-Husein as, akan tetapi sesugguhnya Al-Husein as yang telah membunuh Yazid.”

Semoga kita semua tercatat sebagai pecinta dan peziarah Al-Husein as.

Abu Syirin Al Hasan

Check Also

Meraih Pencerahan Baru Dengan Berdiskusi

Perubahan itu adalah bermulanya suatu kegembiraan jiwa. Aku rasakan jiwaku yang tenang dan dada yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *