Home / Umum / 10 Kriteria Suami Istri yang Baik dalam Sirah Nabi Saww

10 Kriteria Suami Istri yang Baik dalam Sirah Nabi Saww

Pernikahan adalah sebuah tindakan suci yang memperoleh penekanan penting dalam ajaran Islam. Begitu pula, membentuk diri menjadi seorang suami istri yang baik adalah sebuah tugas setiap orang yang sangat ditekankan oleh ajaran Islam.
Untuk menjadi seorang suami istri yang baik, ada baiknya kita menengok kembali sepuluh kriteria yang pernah diungkapkan oleh sabda dan sirah Rasulullah saw berikut ini:

  1. 1. Senantiasa berpakaian rapi dan bersih dihadapan pasangan
    Berpakaian rapi dan bersih serta membersihkan diri adalah sebuah sirah Rasulullah saw yang tidak pernah beliau tinggalkan. Setiap tiba di rumah, Rasulullah saw senantiasa menyikat gigi dan memakai minyak wangi.
  2. Memanggil dengan menyebut nama yang bagus
    Tindakan ini dapat menambah kecintaan di antara suami istri, dan Rasulullah saw tidak pernah meninggalkan sirah yang satu ini.
  3. Mengenal poin positif
    Banyak poin dan titik positif yang dimiliki oleh masing-masing suami dan istri. Istri setiap hari sibuk mengurusi rumah dan suami sibuk mencari nafkah di luar rumah. Menghargai kinerja dan poin positif masing-masing dapat menambah keharmonisan rumah tangga.
  4. Diam melihat kekeliruan
    Aksi diam melihat kekeliruan remeh yang dilakukan oleh pasangan dapat memberikan kesempatan kepadanya untuk membenahi kekeliruan tersebut dengan mudah. Ini adalah sirah Rasulullah saw yang selalu beliau lakukan ketika melihat kekeliruan remeh istri-istri beliau.
  5. Senyum menghadapi pasangan
    Setiap kali pandangan kita tertuju kepada pasangan, usahakanlah untuk selalu tersenyum kasih. Tindakan seperti ini selalu memperoleh perhatian khusus dari Rasulullah saw.
  6. Ungkapan terima kasih
    Kita harus selalu berterima kasih kepada pasangan lantaran khidmat yang senantiasa ia lakukan untuk kita. Coba kita bayangkan, pasangan kita telah sibuk mengurus rumah dan anak-anak di rumah, lalu kita hanya bisa melontarkan protes. Apa gerangan yang akan terjadi?
  7. Menggembirakan pasangan
    Coba kita minta pasangan kita menuliskan sepuluh tindakan yang dapat menyenangkannya. Janganlah kita hanya menyangka bahwa sebuah tindakan dapat menyenangkannya, tetapi kita harus bertanya kepadanya.
  8. Menguatkan kemauan
    Jangan sampai kita menghina setiap keinginan yang dimiliki oleh pasangan kita. Kita bicarakan bersama setiap keinginan yang ia inginkan.
  9. Jangan lupa bersenda gurau
    Jangan kita lupakan senda gurau di rumah. Jadikanlah rumah kita sebagai “tempat rekreasi” yang menyenangkan.
  10. Jadilah kita sebagai orang terbaik
    Janganlah kita lupakan sabda Rasulullah saw ini, “Orang terbaik di kalangan kalian adalah orang yang memperlakukan keluarganyaa sebaik mungkin, dan saya adalah orang terbaik di kalangan kalian dalam memperlakukan keluarga saya.”

 

Source: alhassanain.com

Check Also

Ghadir Khum, Peristiwa Penting untuk Semua Manusia

“Barang siapa yang menjadikanku sebagai pemimpin, maka Ali adalah pemimpinnya. Ya Allah, tolonglah orang yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *